A. MULAI DARI DIRI - NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Jawab:
Masa sekolahsangatlah indah dan berharga. masa yang menyimpan berbagai kenangan yang melekat dalam ingatan. Menjadikan momen-momen masa sekolah menjadi salah satu pengalaman hidup yang luar biasa. Ada beberapa alasan mengapa peristiwa masa sekolah yang kita alami sangat sulit untuk dilupakan. Apalagi beberapa kenangan sedih dan bahagia atau kenangan yang positif dan kenangan yang negatif. Masa-masa di sekolah saat masih tingkat siswa maupun mahasiswa dapat dikatakan sebagai satu momen kehidupan, yaitu momen menjadi seorang pelajar yang normalnya 16 tahun belajar (enam tahun tingkat SD, tiga tahun tingkat SMP, tiga tahun tingkat SMA, dan empat tahun tingkat kuliah). Karena saat itulah sejumlah kenangan yang bisa dibilang sebagai awal mula pembelajaran dimulai. Bukan hanya akademis yang didapat tetapi juga pembelajaran kehidupan, salah satunya jelas adalah bersosialisasi, berkomunikasi, bersahabat dan menjalin kerjasama dengan orang lain yang tentunya sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan-keputusan pada masa itu yang tentunya keputusan-keputusan yang diambil pada masa itu sangat mempengaruhi kehidupan pada masa sekarang ini.
2. Menurut Anda, apa saja peran dari seorang Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia?
Jawab:
Ada Pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Dan itu saya akui benar adanya. Pengalaman akan membentuk kedewasaan seseorang. sebagai seorang pendidik yang kaya akan pengalaman tentu akan mempunyai pengetahuan awal yang lebih banyak dibanding mereka yang kurang pengalaman. Pengalaman-pengalaman inilah yang akan digunakan seoarng pendidik ketika berhadapan dengan siswa. Bagaimana seharusnya ia mendidik dan mengajar siswa dengan tahapan-tahapan perkembangan setiap individu dengan karakternya masing-masing. yang tentunya sebagai seorang guru pasti pernah mendapatkan pengalaman-pengalaman tahapan-tahapan perkembangan siswa. sehingga guru dapat menggunakan-pengalaman-pengalaman pada masa sekolah tersebut untuk mengambil sikap atau tindakan dalam menghadapi siswa.
3. Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar, Makna.
Jawab:
Guru sebagai seorang Aktor atau Model untuk Murid yang harus bisa digugu lan ditiru yang bermakna menjadi contoh dan teladan bagi Murid. dalam proses Belajar Sikap atau perilaku seorang murid terhadap gurunya, yaitu sebagaimana guru bersikap terhadap muridnya, karena murid adalah persepsi dari seorang guru.
Re: Nilai dan Peran Guru Penggerak melalui Trapesium Usia
Ing Ngarsa Sung Tuladha Guru adalah Suri tauladan ; di gugu dan di tiru
Re: Nilai dan Peran Guru Penggerak melalui Trapesium Usia
Re: Nilai dan Peran Guru Penggerak melalui Trapesium Usia
Re: Nilai dan Peran Guru Penggerak melalui Trapesium Usia
B. EKSPLORASI KONSEP PERAN GURU PENGGERAK
1. Hubungan antara Profil Pelajar Pancasila, dengan Peran serta Nilai Guru Penggerak yang sudah saya pelajari yaitu sebagai Guru penggerak yang berperan sebagai pemimpin pembelajaran, menggerakan komunitas praktisi, menjadi mentor atau contoh bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, mewujudkan kepemimpinan murid salah satu tugasnya adalah mewujudkan profil pelajar Pancasila, dan mensukseskan program merdeka belajar. Sebagai pemimpin pembelajaran, guru penggerak mempunyai kapasitas untuk mengembangkan kurikulum nasional berbasis pelajar pancasila, mengintegrasikan karakter pelajar pancasila dalam kegiatan pembelajaran kurikuler maupun nonkurikuler, mengorganisasikan guru untuk aktif mengkampanyekan konsep pelajar Pancasila.
2. Jika ada rekan Guru ataupun Kepala Sekolah yang kurang mendukung saya dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak, yang bisa saya lakukan adalah terus memberikan sosialisasi, pemahaman-pemahaman konsep-konsep yang telah dipelajari dalam Pendidikan Guru Penggerak kepada seluruh stakeholder atau komponen yang terlibat dalam dunia pendidikan baik rekan guru, kepala sekolah, Komite, Orang tua/Wali Murid agar dapat mendukung peran guru penggerak dalam mewujudkan profil pelajar pancasila
Re: Eksplorasi Konsep Peran Guru Penggerak
Re: Eksplorasi Konsep Peran Guru Penggerak
Re: Eksplorasi Konsep Peran Guru Penggerak
C. RUANG KOLABORASI NILAI & PERAN GURU PENGGERAK
Refleksi Mandiri Nilai-nilai & Peran Sebagai Guru Penggerak
Dalam Pembelajaran 6 ini, kita akan mengelaborasi pemahaman kita mengenai nilai dan Peran Guru Penggerak. Namun sebelum melakukan elaborasi pemahaman bersama instruktur, Anda diminta untuk menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi nilai dan Peran Guru Penggerak yang masih ingin digali lebih lanjut pada aktivitas ini.
Your response
Respondent: MOHAMAD NUROKHUDIN Submitted on: Friday, 12 November 2021, 7:36 AM
Elaborasi Pemahaman - Kumpulan Pertanyaan
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Penugasan Mandiri
“Jika kita gagal merencanakan, berarti sama saja kita sedang merencanakan kegagalan.”
~ Benjamin Franklin
Koneksi Antar Materi (Kesimpulan Nilai dan Peran Guru Penggerak)
➡️ Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?
Setelah membaca modul 1.2 saya mencoba mengambil kesimpulan mengenai keterkaitan antara nilai dan peran guru penggerak. Adapun untuk nilai guru penggerak ada 5 yaitu Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, dan berpihak pada siswa. Nilai tersebut harus dimiliki oleh seorang guru penggerak karena sangat penting untuk mampu menjalankan peran sebagai guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran, menjadi coach/mentor bagi guru lain, menggerakkan komunitas sekolah dan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid.
➡️Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!
Mengenai keterkaitan antara nilai dan peran guru penggerak dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara yaitu guru dapat menjalankan nilai dan peran sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam yaitu guru dapat menerapkan nilai mandiri, reflektf. Kodrat zaman yaitu guru dapat menerapkan nilai inovatif, kolaboratif, pembelajaran yang berpusat pada murid.
➡️ Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?
Adapun strategi yang saya miliki untuk mencapai nilai tersebut adalah :
Mandiri : belajar dan melakukan sesuatu secara mandiri, memiliki inisiatif diri untuk maju dan berkembang.
Reflektif : melakukan refleksi setelah mengajar yaitu menganalisis kelebihan dan kekurangan apa yang harus ditambahkan atau diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kolaboratif : melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat, mengajak bersama-sama untuk memeningkatan kompetensi sebagai guru.
Inovatif : menciptakan sesuatu yang baru seperti metode pembelajaran utnuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa.
Berpusat pada murid : menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru dapat membuat desain pembelajaran bertema merdeka belajar. Siswa dapat memilih cara penyelesaian tugas sesuai dengan minat dan bakat mereka.
➡️ Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?
Untuk pihak yang terlibat dalam membantu pencapaian tentang nilai dan peran guru penggerak diantaranya ada kepala sekolah sebagai penanggung jawab, rekan sejawat sebagai mitra untuk berkolaborasi, siswa sebagai subjek untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, orang tua siswa sebagai pendukung yaitu menjadi mitra bagi guru dalam rangka mensukseskan program yang akan dirancang oleh guru untuk peningkatan hasil belajar peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar